SITARO (10/6) AntaraSulut - Keanggotaan Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro untuk Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara tahun 2015 akan dikukuhkan melalui pelantikan tiga anggota lembaga pengawas ini.

"Sudah ada pemberitahuan dari Bawaslu Provinsi Sulut bahwa kami akan dilantik hari Sabtu pekan ini," kata anggota Panwas terpilih, Lusye Salindeho, di Ondong, Rabu siang.

Tiga personil panwas yang dinyatakan lolos seleksi oleh Badan Pengawas Pemilu) Provinsi Sulawesi Utara, akhir tahun 2014 dan diumumkan pada Januari 2015 yaitu Lusye Salindeho, Hendrold Tatengkeng, dan Fidel Malumbot.

Salindeho mengatakan, mereka akan dilantik bersama tujuh Panwas Kabupaten dan Kota yang belum terjadwal melaksanakan pemilihan, yaitu Kabupaten Sangihe, Talaud, Minahasa, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, dan Kota Kotamobagu.

Kabupaten dan Kota lain yang ada agenda pemilihan bupati atau walikota, lanjut Salindeho, sudah dilantik lebih dahulu pada 18 April 2015 yang lalu.

"Setelah pelantikan kami akang mengikuti pembekalan dari Bawaslu terkait pengisian struktur dan personil sekretariat, juga pembentukan Panwas Kecamatan dan Panwas Lapangan.

Ketiga personil panwas terpantau mendatangi Dinas Pariwisata Kabupaten Sitaro. Informasi diperoleh, mereka hendak meminjam pakaian adat Sitaro yang disebut baniang dan paporong (topi khas Siau) di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sitaro

"Kami diberitahu akan dilantik mengenakan pakaian adat daerah masing-masing," tambah Hendrold Tatengkeng, calon anggota Panwas terpilih.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024