Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulawesi Utara Ulyas Taha mengatakan aparatur sipil negara (ASN) berperan penting dalam melayani masyarakat dan umat.

"ASN di Kemenag tidak hanya bertugas sebagai pegawai, tetapi juga memiliki peran penting dalam melayani masyarakat dan umat," kata Ulyas, pada Pembinaan bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara (Sulut).

Ulyas mengatakan ASN harus menjadi pegawai yang berguna dan berkontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat serta menjadi contoh dalam memberikan pelayanan prima.

Ia memberikan pesan penting bagi ASN Kemenag Bolmong, bahwa pentingnya saling mengenal dan menjaga hubungan baik di lingkungan kerja, atau yang dikenal dengan istilah ta'aruf, sebagai upaya membangun Kementerian Agama yang lebih maju dan solid. 

"ASN harus mampu menjalin hubungan yang harmonis antara pimpinan dan bawahan, sehingga tercipta sinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab," tegasnya.

Kakanwil mengingatkan tentang loyalitas yang harus dimiliki setiap ASN. Menurutnya, hubungan yang baik dan saling mendukung antara pimpinan dan bawahan adalah kunci dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dengan efektif. 

Selain itu, ia menyoroti perubahan kepemimpinan di Kementerian Agama, yang menurutnya harus dijadikan semangat baru dalam bekerja. 

"Dengan adanya pimpinan baru di Kementerian Agama, kita harus lebih bersemangat dan siap beradaptasi dengan perubahan," tambahnya.

Kepala Kemenag Bolmong, Shabri Makmur Bora, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Kakanwil yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan arahan dan pembinaan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kemenag Bolmong. 

"Kami sangat berterima kasih atas kesempatan ini, di mana seluruh ASN dapat memperoleh motivasi dan arahan langsung dari Kakanwil," ungkap Shabri.

Hal ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dan kinerja ASN dalam mewujudkan pelayanan yang lebih baik di lingkup Kementerian Agama Bolmong.

 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024