Manado (ANTARA) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) nomor urut dua Elly Lasut dan Hanny Pajouw akan fokus peningkatan infrastruktur kesehatan bila dipercayakan memimpin provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut.

"Visi dan misi tentang kesehatan tentu semua itu diarahkan kepada seluruh warga Sulut. Harapan kita kemudian adalah memberikan perlindungan kesehatan," kata Elly Lasut saat diberikan kesempatan pertama membawakan visi, misi dan program pada debat publik kedua di Kabupaten Minahasa, Rabu.

Tidak hanya sampai di situ, kata Elly, mereka akan meningkatkan infrastruktur, alat kesehatan, serta sumber daya manusia. 

"Tujuannya akan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat Sulut. Dan paling penting adalah pelayanan kesehatan bermutu dan gratis bagi seluruh masyarakat tanpa pandang bulu," katanya. 

Terkait pendidikan, kata Elly, mereka akan berupaya mendorong kualitas sumber daya manusia.

Karena berkaitan dengan kualitas lulusan SMA dan SMK, secara nasional melalui indeks kualitas lulusan Sulut berada di papan bawah.

"Kami akan mendorong literasi digital dengan membiasakan siswa hidup, berpikir, membaca, berpikir kritis berbasis digital," ujarnya.

Bersama Hanny, kata dia, keduanya akan melakukan kebijakan dengan mengalokasikan dukungan infrastruktur bagi seluruh SMA dan SMK agar mendapatkan peralatan yang cukup untuk membiasakan diri berusaha dan menguasai digitalisasi.

Keduanya juga akan konsisten melindungi perempuan dan anak secara sistematis, terstruktur dan masif karena ini akan mempengaruhi masa depan Sulut terutama generasi muda.

"Upaya mendorong jalur prestasi anak muda di Sulut tentu berkaitan dengan fasilitas. Kami akan mempersiapkannya agar mereka bisa dibina sejak dini dan  targetnya adalah prestasi," katanya menambahkan.

Keterampilan menguasai digital diarahkan pada peluang untuk mendapatkan kerja dan wirausaha kepada anak muda di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut, ujarnya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024