Manado (ANTARA) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dan Denny Tuejeh menyampaikan salah satu program andalan dengan membangun 25 sekolah unggulan di 15 kabupaten dan kota di provinsi itu.

"Artinya akan ada kabupaten atau kota yang memiliki dua sekolah unggulan," kata Cagub Steven didampingi Cawagub Letjen Purn Denny Tuejeh saat menyampaikan visi, misi dan program pada debat publik kedua di Kabupaten Minahasa, Rabu.

Menurut Steven, pendidikan di provinsi tersebut memiliki rekam jejak yang bagus karena dibuktikan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut terbaik di Sulawesi dan salah terbaik di Indonesia.

"IPM memiliki 14 indikator dan salah satunya adalah pendidikan. Kalau pendidikan tidak baik, IPM rendah," ujarnya.

Badan Pusat Statistik (BPS), kata dia, telah membuktikan bahwa IPM Sulut baik walaupun belum sempurna.

"Kami akan upayakan itu menjadi sempurna karena ada peta jalan, apa yang akan dikerjakan untuk meningkatkan pendidikan," ujar pasangan yang diusung PDIP itu..

Cagub Steven mengatakan, dari sisi penegakan hukum mereka membangun kerja sama dengan aparat penegak hukum, kepolisian, kejaksaan dan Kementerian Hukum dan HAM.

"Tak heran kita sudah mendapatkan 10 kali opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan," ujarnya.

KPU Sulut menggelar debat publik kedua di Kabupaten Minahasa 23 Oktober 2024, sebelumnya debat pertama dilaksanakan di Kota Kotamobagu pada 10 Oktober 2024.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024