Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Sulawesi Utara, Rahel Rotinsulu berharap lulusan perguruan tinggi di provinsi tersebut mampu menjadi agen perubahan.

"Kami yakin dengan pikiran yang inovatif dan tindakan nyata yang dimiliki bisa mendorong transformasi di berbagai bidang," kata Rahel di Manado, Selasa.

Dia menyebutkan, sebagaimana data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Februari 2024 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,98 persen.

Angka tersebut turun sebesar 0,21 persen dibandingkan dengan Februari 2023 yakni 6,19 persen, namun meski turun menjadi 5,98 persen, angka ini masih cukup banyak.

"Peran lulusan perguruan tinggi sangatlah penting dalam membangun masa depan yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang lebih maju, harmonis serta peluang usaha," katanya mengharapkan.

Rahel optimistis, lulusan perguruan tinggi memiliki modal yang kuat untuk menghadapi masa depan karena dibekali dengan mutu pendidikan yang membimbing generasi muda agar siap bersaing secara global.

"Akan tetapi tetaplah menjunjung tinggi identitas dan karakter bangsa," katanya.

Rahel juga berharap, lulusan perguruan tinggi tidak pernah berhenti belajar karena dunia terus berubah.

"Perubahan itu menuntut kita untuk terus beradaptasi dan mengembangkan diri berbekal semangat dan integritas," kata dia.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024