Manado (ANTARA) -
Debat publik pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Rabu, pasangan gubernur dan wakil gubernur Elly Lasut dan Hanny Pajouw bertekad memperkuat ekonomi lokal.

"Penguatan ekonomi lokal dengan usaha memberdayakan penguasaan, memberdayakan pengelolaan sumber daya alam di bidang pertanian, pertambangan, perikanan dan sumber lainnya diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi," kata Cagub Elly di Kota Kotamobagu, Rabu.
 
Elly mengatakan, dirinya bersama Hanny memahami betul barusan masyarakat Sulawesi Utara mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19 maupun ancaman inflasi yang kemudian berdampak pada berbagai sektor ekonomi.
 
Karena itu menurut dia, hal yang akan dilakukan keduanya bila dipercayakan memimpin Sulawesi Utara adalah melakukan kebijakan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat tersebut.
 
"Program penguatan ekonomi lokal adalah target dengan usaha dan langkah-langkah pemberdayaan," ujarnya.
 
Menurut Elly, pemberdayaan bukan hanya soal produktivitas pada lahan-lahan atau bidang, akan tetapi ikut serta mengupayakan peningkatan akses agar pendapatan masyarakat terangkat.
 
"Itu dapat diartikan sebagai penguatan ekonomi lokal," ujarnya.
 
Elly menyebutkan, ada beberapa hal yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan baru dari sumber-sumber baru semisal penguatan pengembangan ekowisata.
 
Dari ekowisata ini, menurut dia dapat memberikan pendapatan dan mendorong penguatan ekonomi melalui penataan secara terstruktur.
 
"Tinggal dibangun akses menuju pusat wisata serta kemudian berusaha agar sektor pariwisata tidak merusak lingkungan," ujarnya.
 
 
 
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024