Manado, (ANTARA Sulut) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw mengatakan, sebanyak 30 negara menjadi tujuan utama ekspor komoditas Sulut pada triwulan pertama tahun 2015.

"Ke 30 negara tersebut yakni Belanda, Amerika Serikat, India, Italia, Korea Selatan,Jerman, Jepang, Rusia, Turki, Australia, Selandia Baru, Belgia, Inggris, Spanyol, Vietnam, Afrika Selatan, Brasil, Slovenia, Tiongkok, Polandia, Uruguay, Taiwan, Malaysia, Maldives, Republik Czech, Ukraina, Yunani, Latvia, Portugal dan Thailand," kata Jenny di Manado, Jumat.

Negara-negara tersebut, katanya, memang sangat rutin membeli sejumlah produk unggulan Sulut yang sudah diakui pasar internasional.

Namun, katanya, ke depan pemerintah akan terus melakukan promosi dan sosialisasi sehingga negara tujuan ekspor Sulut akan semakin bertambah.

Dia menjelaskan, dipertengahan tahun ini, Sulut akan mempromosikan produk unggulan Sulut dalam Milan Expo yang nantinya dilaksanakan selama beberapa bulan.

"Saya berharap ajang Milan Expo akan memberikan pasar baru yang lebih banyak lagi bagi kinerja ekspor Sulut," jelasnya.

Triwulan pertama tahun 2015 nilai ekspor Sulut mencapai 37,41 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau naik tipis 0,99 persen dibanding dengan posisi yang sama tahun lalu hanya 37,05 juta dolar AS.

Dari sisi volume meningkat lebih tinggi yakni dari 35,08 juta ton pada triwulan I tahun 2014 menjadi 47,75 juta ton di triwulan I tahun 2015, katanya.

Pewarta : OLeh Jootje Kumajas
Editor :
Copyright © ANTARA 2024