Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) terus bergerak melistriki pelosok negeri dalam lima tahun kepemimpinan Erick Thohir.

Kali ini, lima dusun di Pulau Bangkurung, Kabupaten Banggai Laut, mendapat perhatian khusus. 

Melalui unit Induk Distribusi Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID SULUTTENGGO),  Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sulteng dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Luwuk, bersama Pemerintah Daerah Banggai Laut, meresmikan Listrik di Desa di Pulau Bangkurung. 

Dusun-dusun yang kini telah menikmati listrik adalah Dusun Boniton Desa Kanari, Dusun Luasampe Desa Mbeleang, Pemukiman Transmigrasi Desa Dungkean, Dusun Sabua Desa Dungkean, dan Dusun Akatbulusan Desa Bonebone. Pulau Bangkurung kini telah 100 persen dialiri listrik, sebuah pencapaian berarti dalam lima tahun kepemimpinan Erick Tohir.

General Manager PLN UID Suluttenggo Atmoko Basuki juga menyampaikan bahwa pembangunan jaringan listrik ini merupakan wujud komitmen PLN untuk turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat sekaligus mendukung program pemerintah untuk melistriki hingga kepelosok negeri” ujar Atmoko. 

PLN terus mendukung Pemerintah dengan memperluas akses listrik secara merata ke seluruh pelosok negeri sebagai bentuk nyata dari keadilan sosial bagi semua warga Indonesia. Sehingga diharapkan kehadiran listrik mampu mendorong peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Listrik adalah sumber energi yang sangat bermanfaat, namun kita juga harus ingat bahwa dibalik kekuatannya, listrik menyimpan potensi bahaya jika tidak ditangani dengan bijak dan hati-hati, setiap potensi bahaya agar dilaporkan kepada petugas atau melalui melalui aplikasi PLN Mobile" Tambah Atmoko.

Manager UP2K Sulteng Rahmatan menyampaikan bahwa PLN UID Suluttenggo, melalui Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Sulawesi Tengah, berhasil membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 10,50 km, Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 3,72 km, dan kapasitas gardu sebesar 250 kVA yang tersebar di lima dusun tersebut, dengan total investasi sebesar 4,65 miliar Rupiah. 

“Ini merupakan wujud komitmen PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh daerah di Indonesia, sejalan dengan visi dalam lima tahun kepemimpinan Erick Thohir” ujar Rahmatan. 

Melistriki kelima lokasi ini bukanlah hal yang mudah. Dalam pembangunan infrastruktur listrik Pulau Bangkurung, Tim PLN UP2K Sulteng menghadapi berbagai tantangan. Lokasi yang berada di kepulauan serta perubahan cuaca yang tak menentu mempengaruhi mobilitas baik di darat maupun di laut. 

Hal ini mengharuskan Tim PLN untuk memberikan upaya ekstra. Namun, semua itu membuahkan hasil yang baik dengan beroperasinya listrik di dusun-dusun tersebut, suatu prestasi yang menunjukkan dedikasi dalam lima tahun kepemimpinan.

Masyarakat Bangkurung sangat antusias menyambut kehadiran listrik. 

Hal ini diutarakan oleh Kepala Desa, Rukman Keirupan selaku pemerintah desa serta masyarakat Bangkurung mengucapkan terima kasih kepada PLN atas upayanya dalam memberikan penerangan kepada masyarakat Bangkurung.

Penyalaan listrik di lima dusun ini diresmikan oleh Bupati Banggai Laut, Sofyan Kaepa, beserta jajaran. 

Dalam kesempatan tersebut, Sofyan menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada PLN UID Suluttenggo atas masuknya listrik di lima dusun di Pulau Bangkurung. 
Pembangunan listrik di lima dusun ini adalah hasil sinergi yang baik antara PLN dan Pemerintah Daerah. Beliau juga menuturkan bahwa dengan hadirnya listrik, ini akan menjadi pendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat serta penggerak roda ekonomi bagi masyarakat Bangkurung. 


 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024