Manado (ANTARA) - Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan puluhan sertifikat elektronik di Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2024.

"Kami menyerahkan sertifikat tanah elektronik kepada 24 penerima baik pemerintah maupun masyarakat," kata Kepala ATR/BPN Sulut Erry Juliani Pasoreh, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan penyerahan ini merupakan komitmen untuk memberikan kepastian hukum atas hak masyarakat.

“Sejak awal ini kita memang fokus pada penerbitan sertifikat tanah elektronik," katanya.

Dia menjelaskan secara total realisasi penerbitan sertifikat elektronik di Sulut telah mencapai 13.222 sertifikat dari yang ditargetkan sebanyak 19.969 sertifikat elektronik.

"Kami optimis target ini akan tercapai hingga akhir tahun, apalagi didukung oleh semua BPN kabupaten dan kota," katanya.

Upacara peringatan Hantaru setiap tahun dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA).

Tahun ini, katanya, peringatan Hantaru mengusung tema "Semangat Hantaru, Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045" sejalan dengan visi besar bangsa Indonesia.

Pihaknya berharap, agar pemerintah daerah, baik provinsi, maupun kabupaten/kota, dapat terus mendukung Kementerian ATR/BPN dalam pelaksanaan pendaftaran tanah.

"Tidak hanya melalui PTSL, tetapi juga mencakup sertifikasi aset Barang Milik Negara/Barang Milik Daerah untuk terwujudnya pemerintahan yang bersih dan baik," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024