Manado (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menggelar Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Sepakboka Akesimbeka Senin siang.

Kegiatan ini dihadiri oleh kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati, pimpinan partai politik pengusung, serta simpatisan dari masing-masing paslon.

Dalam kegiatan ini, kedua pasangan calon, Evangelian Sasingen-Liem Hong Eng dan Chyntia I Kalangit-Heronimus Makainas, beserta pimpinan partai politik pendukung, menandatangani deklarasi kampanye damai.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, Ketua Bawaslu Sitaro, Henrolds Tatengkeng, serta sejumlah pejabat dari unsur Forkopimda.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Sitaro, Novia Tamaka turut hadir mewakili Pemkab Sitaro dalam kegiatan tersebut. Penandatanganan deklarasi juga dilakukan oleh Kapolres Sitaro, perwakilan Dandim, serta perwakilan dari Kejaksaan Negeri (Kajari).

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin para Hamba-Hamba Tuhan, untuk memohon agar Pilkada Sitaro 2024 berlangsung aman, tertib, dan damai.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, dalam sambutannya menekankan pentingnya kampanye damai untuk menjaga stabilitas daerah dan memajukan demokrasi yang sehat di Kabupaten Sitaro.

“Kami berharap seluruh pihak, mulai dari paslon, partai pengusung, hingga pendukung, dapat berkomitmen untuk mengedepankan kampanye yang damai, tanpa hoaks, ujaran kebencian, maupun politik uang,” ujar Kaaro.

Ia juga menegaskan bahwa KPU Sitaro akan berkomitmen menjaga netralitas dalam setiap tahap penyelenggaraan Pilkada.

Deklarasi ini tidak hanya menjadi simbol komitmen damai, tetapi juga momentum penting untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Pilkada Sitaro 2024 akan berjalan secara transparan, jujur, dan adil.

Ratusan pendukung dan simpatisan dari masing-masing paslon turut hadir memeriahkan acara, menggelorakan semangat persaingan yang sehat dalam suasana kebersamaan. Kegiatan ini menjadi awal penting dari kampanye Pilkada Sitaro yang dijadwalkan berlangsung hingga 25 November 2024, sebelum pemungutan suara pada 27 November mendatang.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024