Sitaro, 16/5 (Antara) - Sebanyak 499 orang menjalani tes tertulis beradu kemampuan untuk bisa terpilih menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

"Ini satu-satunya tes yang harus diikuti calon PPS yang akan bertugas di 83 kampung dan 10 kelurahan se Sitaro dalam rangka Pemilihan Gubernur Sulut tahun 2015 ini," kata Ketua KPU Sitaro, Stephen Londok, di Ondong Siau, Sabtu.

Kampung merupakan sebutan lain dari desa yang digunakan dalam struktur pemerintahan di daerah ini, sementara jabatan kepala desa disebut Kapitalau.

Londok mengatakan, tes tertulis dilakukan serentak dengan kabupaten/kota lain se Sulut sesua jadwal tahapan dan dijadwalkan pelantikan PPS pada Senin pekan depan.

Untuk memudahkan peserta yang tersebar di kepulauan, katanya, tes dilaksanakan di lima lokasi yaitu dua lokasi di Siau, serta Tagulandang, Biaro, dan Makalehi masing-masing satu lokasi tes.

"Hasil tes menjadi penentu kelayakan 279 calon terpilih, tiap kampung atau kelurahan dengan tiga calon terpilih akan bertugas membantu PPK melaksanakan taahapan pemilihan di wilayah masing-masing," katanya.

Karena itu, seusai tes tertulis, KPU langsung bergegas memeriksa hasil tes dan menggelar rapat pleno dengan agenda menetapkan calon anggota PPS terpilih untuk diumumkan dan diundang menghadiri pelantikan pada Senin.

Data pendaftaran calon PPS di KPU Sitaro menunjukkan, dari total 493 peserta yang akan ikut tes tertulis, 256 di antaranya kaum perempuan, peserta laki-laki 237.

"Kaum perempuan justru lebih banyak, dan ternyata pendaftar di tingkat kampung cukup banyak kualifikasi pendidikan sarjana S1 ada 29 orang," kata Londok.


Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024