Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan penerima Paritrana Award tingkat provinsi diharapkan akan lebih meningkatkan perlindungan kepada pekerja bukan penerima upah (BPU) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kali ini ada puluhan yang menerima Paritrana Award di Sulut, baik kabupaten dan kota, badan usaha hingga pelaku UMKM," kata Olly, di Manado, Kamis.

Olly mengatakan semoga hingga tahun-tahun ke depan, Pemprov Sulut dan kepala daerah 15 kabupaten dan kota akan tetap meningkatkan perlindungan pada pekerja rentan di Sulut.

Kepala Kanwil BPJAMSOSTEK Sulawesi Maluku Mintje Wattu mengatakan, capaian Sulawesi Utara sangat luar biasa di bidang perlindungan ketenagakerjaan.

"Sebab sejak pertama kali digelar tahun 2017, tujuh kali pelaksanaan, Sulawesi Utara meraih Paritrana Award enam kali berturut-turut," kata Mintje.

Mintje mengatakan, komitmen dan gagasan Pemprov Sulawesi Utara yang dipimpin Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (ODSK) tidak main-main.

Beberapa terobosan luar biasa Pemprov Sulut yakni memberikan perlindungan Jamsostek bagi ratusan ribu pekerja rentan, termasuk kepada Pekerja Sosial Keagamaan (Perkasa) dan Pekerja Rentan Sektor Pertanian (Program Pesona).

Hal ini, katanya, diikuti oleh kabupaten dan kota lainnya di Sulut dengan program masing-masing dalam memberikan perlindungan pada pekerja rentan.

Ia pun berharap, terobosan pemerintah Sulut saat ini bisa dilakukan di pemerintahan mendatang demi kesejahteraan masyarakat Sulut.

Jamsostek merupakan hak dasar bagi pekerja di Indonesia dengan memberikan perlindungan lewat lima program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP),Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024