Manado (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado membangun sinergi guna meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

"Kemenag melakukan MoU dengan IAIN yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang pengembangan pendidikan," kata Kepala Bidang Pendidikan Islam Kemenag Sulut Ahmad Sholeh di Manado, Kamis.

Dia mengatakan pengembangan pendidikan itu khususnya pada peningkatan kualitas tenaga pendidik, penelitian, dan pengabdian.

Melalui kolaborasi ini, katanya, kedua belah pihak berkomitmen untuk membangun sinergi guna meningkatkan mutu pendidikan Islam di wilayah Sulawesi Utara.

Ahmad Sholeh mengharapkan agar MoU ini dapat menjadi langkah strategis untuk memajukan pendidikan di lingkungan madrasah serta perguruan tinggi Islam di Sulut.

"Kami berharap melalui kerja sama ini program-program pengembangan kompetensi guru dan tenaga pendidik bisa lebih terarah dan berkualitas, sehingga dapat mencetak generasi yang unggul dan berakhlak mulia," ujarnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Manado Dr Arhanuddin menambahkan bahwa kerja sama ini akan membuka banyak peluang untuk kolaborasi di bidang akademik.

"Kami siap mendukung peningkatan kompetensi guru-guru madrasah," katanya.

Dalam hal ini, Fakultas Tarbiyah IAIN Manado siap memberikan dukungan dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya dalam aspek pengajaran dan penelitian.

"Kerja sama ini sejalan dengan visi kami untuk memajukan pendidikan Islam yang berkualitas dan berdaya saing," tambah Arhanuddin.

MoU ini mencakup berbagai program, di antaranya pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas pendidikan melalui program PPG, workshop, serta pelaksanaan MGMP dan KKG.

Dengan adanya MoU ini diharapkan sinergi antara Kanwil Kemenag Sulut dan Fakultas Tarbiyah IAIN Manado dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Utara.

Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Penandatanganan dilakukan Kepala Bidang Pendidikan Islam Ahmad Sholeh dan Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Arhanuddin di Gedung Fakultas Tarbiyah IAIN Manado. Turut hadir Tim Bidang Pendis Mustari Masloman dan Nuril Huda.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024