Vilnius, 12/5 (Antara/Xinhua-OANA)  - Kementerian Pertahanan Lithuania pada Senin (11/5) memilih calon bagi pemberlakuan kembali kegiatan wajib militer, dan mengumumkan daftar 36.825 pemuda yang berusia 19 sampai 26 tahun.

Semua orang muda itu akan menerima panggilan untuk mengikut dinas wajib militer. Jumlah seluruh peserta wajib militer yang dirancang tahun ini ialah 3.000.

Menurut Menteri Pertahanan LIthuania Juozas Olekas, penuntasan daftar tersebut menandai hari bersejarah, demikian laporan Xinhua untuk dinas militer itu dipilih secara acak, dengan menggunakan program komputer. Proses pemilihan diawasi oleh pengamat masyarakat, katanya.

Olekas mengatakan militer Lithuania akan memusatkan perhatian pada pelatikan peserta wajib militer pertama. Mereka dijadwalkan tiba di batalion Angkatan Darat pada akhir Agustus.

Relawan yang telah mendaftarkan diri untuk berdinas selama sembilan bulan akan dimasukkan ke dalam daftar peserta wajib militer itu.

        Pihak berwenang menyatakan prioritas mereka ketika merancang peserta wajib militer akan membuka peluang pendaftaran bagi relawan, dan yang lain akan dirancang dengan dasar wajib kalau-kalau jumlah tentara relawan tidak cukup.

        Kementerian Pertahanan itu melaporkan 1.136 orang yang berusia dari 18 sampai 38 tahun, termasuk perempuan, telah menyampaikan kesediaan mereka untuk bergabung dalam dinas tersebut secara sukarela.

        "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada pemuda yang telah memiliki dinas wajib militer secara sukarela," kata Olekas di dalam satu taklimat.

        Organisasi paramiliter, seperti Unit Infantri Ringan, belum lama ini juga melaporkan peningkatan keterlibatan relawan yang mencari cara untuk mendukung pertahanan nasional. Organisasi dengan lebih dari 8.000 anggota tersebut menyaksikan peningkatan 1.000 anggota tahun lalu.

        Sebelum dimulainya proses penerimaan wajiba militer, relawan juga dijanjikana akan mendapat jaminan sosial dan bayaran lebih tinggi.

        Lithuania, negara kecil di Baltik, memberlakukan kembali wajib militer selama lima tahun sebagai reaksi terhadap situasi keamanan yang berubah di Eropa Timur. Tujuan kegiatan itu ialah meningkatkan personel uni militer dan membangun cadangan militer yang memadai. Wajib militer di Lithuania terakhir kali dihapuskan pada 2008.


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024