Manado, (ANTARA Sulut) - Wakil Wali Kota Manado, Harley Mangindaan, mengatakan, pemerintah segera memperbaiki jalan lingkar dan drainase atau saluran air di pasar tradisional Bersehati Calaca, Manado.

"Sesuai dengan penjelasan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manado, ada dana yang dianggarkan untuk peningkatan jalan dan perbaikan drainase di situ," kata Harley Mangindaan, saat tutun memantau di jalan pasar tradisional bersehati Manado, Senin.

Harley mengatakan, perbaikan tersebut mendesak dilakukan, karena kondisi jalan sudah banyak yang rusak dan selokan juga perlu diperbaiki karena sudah tersumbat dan rusak.

Dia mengakui menerima banyak keluhan dari para pedagang di bersehati yang merupakan pasar tradisional terbesar di Manado, karena sudah mengganggu bahkan menyebabkan kecelakaan pengendara kendaraan bermotor.

Menurutnya, bukan hanya jalan dan selokan saja yang menjadi keluhan para warga tetapi juga lahan parkir serta tumpukan sampah yang dihasilkan pedagang tidak langsung diangkut menjadi keluhan mereka.

Salah satu pedagang di pasar di pasar Bersehati,Sarija Gunawa, mengatakan kerusakan jalan dan drainase sudah beberapa kali disampaikan kepada PD pasar Manado, namun belum mendapatkan tanggapan.

"Karena itu, saya memanfaatkan kesempatan saat wakil wali kota berkunjung untuk menyampaikan hal tersebut, sebab sudah pengendara motor yang celaka di jalan lingkar karena kondisinya yang rusak dan belum diperbaiki," katanya.

Menurut Sarija, akibat kerusakan jalan dan drainase yang selalu tersumbat itu, pendapatan mereka sebagai pedagang juga menurun, karena pembeli yang hendak masuk ke pasar untuk berbelanja, memilih membeli di luar saja, karena jalan masuk rusak sehingga berharap PU segera melakukan perbaikan.

"Itu jalan so lama rusak, jadi ini pas pak Wakil datang balia kong bilang somo bekeng kita percaya pasti somo bekang, soalnya dia yang bilang sandiri," kata Sarija, dalam dialek Manado.

Koordinator Pasar Bersehati, Tommy Tendean, mengatakan, PD pasar selaku pengelola pasar bersehati mengaku sudah berusaha melakukan perbaikan semaksimal mungkin, namun karena jalan bukanlah kewenangan mereka, maka tak disentuh.

"Kami berharap dengan perbaikan tersebut maka pedagang tidak akan lagi kesulitan dan pembeli juga akan merasa nyaman berbelanja di sini," katanya. /@jiro_koko, @antarasulutcom

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024