London, 12/5 (Antara) - Direktur Utama PT Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, bertemu dengan CEO maskapai penerbangan Polandia LOT, Sebastian Mikosz, di Warsawa, dan sepakat bekerjasama segera membuka jalur penerbangan baru, Warsawa-Jakarta-Warsawa.

Kesepakatan kerja sama itu terungkap dalam pertemuan yang dilakukan di sela mengikuti kegiatan kunjungan Menteri Perdagangan RI ke Polandia, demikian Konselor KBRI Warsawa, Roos Diana Iskandar kepada Antara London, Selasa.

Pada tahap awal, kedua maskapai penerbangan akan memulai dengan melakukan code-share atau Special Priority Agreement (SPA).

Dirut Garuda Indonesia, M Arif Wibowo mengatakan, saat ini Garuda terbang di dua kota, yaitu London dan Amsterdam, dan merencanakan pengembangan jalur penerbangan ke Eropa yang menguntungkan.

"Dari studi yang dilakukan, Polandia merupakan tujuan penerbangan yang menjanjikan. Karena itu, Garuda siap melakukan SPA dengan LOT Polandia," ujar Arif Wibowo.

Polandia yang strategis dapat menjadi sentral hubungan dari negara-negara Eropa Timur dan Tengah serta negara-negara Nordik atau Skandinavia.

        CEO LOT Sebastian Mikosz menyambut baik pertemuan ini, dan menyebutkan sebagai saat yang tepat untuk memulai suatu kerja sama yang lebih dekat.

        "Jalur penerbangan ini sangat menjanjikan," ujar Sebastian Mikosz.

        Dia menyatakan, LOT berencana menambah jumlah armadanya.

        Sejalan dengan itu, LOT telah merencanakan untuk mengembangkan layanan penerbangannya ke wilayah Asia.  
   Menurutnya, bersama Garuda Indonesia, LOT siap melakukan kerja sama penerbangan.

        Menurut Sebastian Mikosz, pada tahun 2014, LOT meraih keuntungan sebesar 26 juta dolar AS, lebih besar 40 persen dari yang diperkirakan.

        Ini adalah pertama kali LOT memperoleh keuntungan, setelah tujuh tahun terakhir.

        Ia meyakinini bahwa LOT telah berjalan pada arah yang benar.

        Pertemuan yang membahas rencana kerja sama Garuda Indonesia dan LOT Polandia untuk membuka jalur penerbangan Warsawa-Jakarta-Warsawa  merupakan tindaklanjut dari pembicaraan jarak jauh yang dilakukan sebelumnya, dan juga pertemuan Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F Gontha dengan CEO LOT, serta kunjungan pejabat LOT ke Jakarta beberapa waktu lalu.

        Dalam pertemuan itu, Dirut Garuda Indonesia didampingi General Manager for Continental Europe, Dian Ediono, Vice President of Business Strategy & Development, Friatma Mahmud, Expert Staff of CEO, Heriyanto, dan Konselor KBRI Warsawa, Roos D Iskandar.

        Sedangkan CEO LOT Polandia didampingi Executive Director Network Planning, Dilhan Haradasa.


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024