Manado (ANTARA) - Tim Audit Kinerja dari Inspektorat Daerah Militer (Itdam) XIII/Merdeka melakukan kunjungan di Korem 131/Santiago untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja dan pelaksanaan tugas kesatuan tersebut, di Manado, Jumat.

Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Martin Susilo M. Turnip, dalam sambutannya dibacakan Kasrem Kolonel Inf Agus Wahyudi Irianto, menyampaikan selamat datang kepada Ketua Tim Audit Kinerja Itdam XIII/Merdeka beserta rombongan dengan harapan kegiatan yang akan dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kemajuan Korem 131/Santiago.

"Kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan fungsi Inspektorat Kodam XIII/Merdeka dalam melaksanakan pengawasan yang dituangkan pada program kegiatan tahunan guna mendukung keberhasilan kinerja satuan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga untuk melihat sampai sejauh mana pelaksanaan program kerja dan anggaran serta ketertiban administrasi dalam bentuk rencana dan laporan kegiatan serta pertanggungjawaban keuangan.

"Saya mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif serta keterbukaan dari masing-masing bagian yang menjadi obyek pemeriksaan, dalam menyajikan data dan keterangan yang lengkap sesuai keperluan yang dibutuhkan, sehingga Tim dapat memberikan rekomendasi yang tepat untuk penyempurnaan dan peningkatan kualitas pengelolaan anggaran dan kinerja di satuan," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan audit ini dapat diketahui sejauh mana kinerja Korem 131/Santiago telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kalau ada temuan-temuan yang dihasilkan dari audit ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang," kata Danrem.

Sementara itu, Inspektur Utama Perbendaharaan (Irutben) Itdam XIII/Merdeka sebagai Ketua Tim Audit Kolonel Arh Djonlie R. Kaligis menyampaikan bahwa kegiatan audit ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas di jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Menurut dia, audit kinerja ini dilakukan secara berkala untuk memberikan masukan dan rekomendasi perbaikan bagi satuan-satuan di bawah Kodam XIII/Merdeka.

"Kami berharap Korem 131/Santiago dapat terus meningkatkan kinerjanya sesuai ketentuan dan aturan yang sudah menjadi pedoman dari komando atas," katanya.

Dia mengatakan kegiatan audit ini meliputi pemeriksaan terhadap berbagai aspek, antara lain pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengelolaan anggaran tata kelola administrasi serta pembinaan personel.

Hasil dari audit kinerja ini akan disampaikan secara tertulis kepada Korem 131/Santiago sebagai bahan evaluasi dan perbaikan.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024