Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, prospek maskapai AirAsia membuka rute penerbangan Kinabalu (Malaysia) ke Manado memiliki prospek sangat baik ke depan.

"Banyak yang bisa dilakukan bersama, dan tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Utara," kata Gubernur Olly saat menjamu Konsul Jenderal Kota Kinabalu, pelaku pariwisata serta investor di Manado, Selasa.

Dia mengatakan, saat dibuka penerbangan Manado-Kinabalu, kira-kira ada sebanyak 70 persen warga Manado yang mengikuti penerbangan tersebut.

"Jadi jangan takut AirAsia membuka penerbangan ini karena akan terisi," ujarnya.

Gubernur menambahkan, dibukanya rute penerbangan tersebut akan berdampak baik karena setelah sampai Kinabalu, AirAsia bisa melanjutkan ke negara-negara yang ada di Asia Timur.

"Warga Manado banyak di Jepang, Taiwan bahkan Korea. Mereka pekerja maupun berwisata," ujarnya.

Di Jepang, kata Gubernur, populasi orang Manado yang tinggal di sejumlah wilayah sekitar 300 ribu orang dan sebanyak 200 ribu orang di antaranya adalah pekerja.

"Mudah-mudahan bisa berjalan terus dan apa yang rencanakan berjalan baik. Terima kasih kepada Konsul Jenderal Rafail Walangitan yang begitu antusias mempromosikan Sulawesi Utara di Kinabalu," ujarnya.

Gubernur Olly menyebutkan, kerja sama dengan AirAsia membuka penerbangan ke Sulut melalui Bandara Sam Ratulangi Manado baru terealisasi setelah melobi lima tahun lalu.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024