Manado (ANTARA) - Empat bakal pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado, menyelesaikan tahapan pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi oleh KPU Manado di RSU Kandou, Minggu. 

"KPU Manado memfasilitasi pemeriksaan kesehatan, karena itulah, maka staf KPU juga hadir di RSU Kandou, untuk membantu mengatur administrasinya, dipimpin sekretaris KPU Manado, Nolfy Lendway," kata Ketua Divisi Teknis KPU Manado, Hazrul Anom, di Manado, Minggu. 

Dia mengatakan, semua pasangan yang melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit RD Kandou, membawa pengantar dari penyelenggara pemilu, sesuai dengan regulasi yang ada. Pasangan Imba - Ivan usai pemeriksaan kesehatan di RSU Kandou Manado. (Antara/Joyce)

Mengenai hasil pemeriksaan, Anom mengatakan, hasilnya akan diserahkan oleh pihak rumah sakit kepada KPU selaku penyelenggara, karena yang akan menentukan mereka memenuhi syarat atau tidak adalah penyelenggara, pihak RS hanya mengisi dengan jawaban mampu atau tidak mampu dari sisi kesehatan jiwa dan fisik.  
 
Sementara berdasarkan pantauan di RSU Kandou, pasangan yang paling akhir menyelesaikan pemeriksaan kesehatan adalah bakal calon wali kota dan wakil, usulan partai Golkar, Nasdem dan PSI, yakni Jimmy Rimba Rogi dan Kristo Ivan Ferno Lumentut, pada Minggu siang.  Pasangan Audi Karamoy dan Lucky Datau usai pemeriksaan di RSU Kandou.  (Antara/Joyce) (1)

Sedangkan pasangan usulan partai demokrat, Audy Karamoy - Lucky Datau menyelesaikan tes Sabtu sore, dari Gerindra Benny Parasan dan Boby Daud bersamaan dengan usulan PDIP Andrei Angouw - Roichard Sualang, juga pada Sabtu pagi. 

Pasangan Andrei Angouw, yang diwawancarai usai pemeriksaan pertama, mengatakan, semua pemeriksaan baik, dengan ungkapan kata "mantap" dan mengakui menjalani sejumlah pemeriksaan termasuk harus periksa darah untuk semua pemeriksaan, yang diminta termasuk berpuasa. 

Demikian juga dengan pasangan Audy Karamoy dan Lucky Datau, mengatakan, semua pemeriksaan mereka jalani, dan yang memeriksa juga baik sehingga semuanya bisa dilalui dengan nyaman, termasuk juga berpuasa, dilakukan karena memang ada permintaan seperti itu.  Pasangan AA-RS selesai pemeriksaan di RSU Kandou. (Antara/Joyce)

"Pokoknya para dokter yang memeriksa kesehatan bagus dan dapat melakukannya dengan baik, sehingga kami menjalaninya dengan enjoy, prosedurnya juga bagus," kata Audi dan Lucky. 

Sementara Jimmy Rimba Rogi dan Ivan Lumentut, mengatakan, bahwa selama menjalani tes kesehatan, semuanya bagus, sehingga mereka nyaman melakukan pemeriksaan, dan siap melakukan pemeriksaan secara fisik dan mental. 

Demikian juga dengan Benny Parasan dan Boby Daud, mengatakan sudah melalui pemeriksaan dan tinggal menunggu hasilnya diserahkan kepada KPU Manado, untuk diumumkan, apakah mereka memenuhi syarat atau tidak.   
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024