Manado (ANTARA) - Tim dosen Institut Teknologi Minaesa (ITM) Tomohon beserta seluruh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) perguruan tinggi tersebut menggelar program pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pembangunan desa.

Kegiatan dilaksanakan di Desa Rumbia, Kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa tersebut dipimpin Ketua.Panitia KKN  tahun ajaran 2023-2024, Drs Ir Denny Julius Mawuntu ST, M.MSIP, M.Si.

Tim dosen ITM.Tomohon beserta seluruh.mahasiswa KKN perguruan tinggi tersebut menggelar program pengabdian kepada masyarakat di Desa Rumbia. ANTARA/HO-ITM (1)

"Kegiatan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ITM yang dilaksanakan di Desa Rumbia berlangsung selama tiga hari dari 22-24 Agustus 2024," kata Ketua Panitia Drs Ir Denny Julius Mawuntu ST, M.MSIP, M.Si, didampingi Sekretaris Panitia KKN  Ir Harvard K. Najoan S.Kom, MT.

Ia mengatakan pengabdian kepada masyarakat tersebut mengangkat tema yang dicetuskan oleh Rektor ITM, Dr. Ir. Herdianto Lantemona, MS, yaitu “Pengabdian kepada masyarakat Desa Rumbia”.

Tema ini dimaksudkan untuk mengajak tidak hanya seluruh tim dosen dan peserta KKN namun juga seluruh masyarakat bahu-membahu membangun dan menata kembali desa.

Kegiatan KKN tersebut meliputi beberapa program kerja antara lain.pengecatan bangunan-bangunan pemerintahan dan sekolah, peremajaan instalasi listrik, pembuatan instalasi listrik baru di bangunan pemerintahan.

Salah satu kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan ITM Tomohon di Desa Rumbia. ANTARA/HO-ITM (1)

Kemudian membantu masyarakat memperbaiki rumah-rumah, pengecatan trotoar dan tembok tepian pantai, pengecatan tugu, papan pengumuman, dan sejenisnya.

Salah satu kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan ITM Tomohon di Desa Rumbia. ANTARA/HO-ITM (1)

Selain tim dosen dan seluruh peserta KKN, kegiatan ini juga diprakarsai oleh Dr. Ir. Tartius Timpal, M.Si selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LP2M) ITM serta didukung tiga wakil rektor yang bertanggung jawab di bidangnya masing-masing.

Yakni Wakil Rektor I Ir. James Tumbal,M.Si , yang bertanggung jawab di bidang akademik, Wakil Rektor II  Ir. Ferdinand Wongkar, M.Si , yang bertanggung jawab di bidang keuangan dan kesejahteraan, dan Wakil Rektor III, Dr. Ir. Steiva Wowiling, S.T., M.Si , yang bertanggung jawab di bidang kemahasiswaan dan kerjasama.

Ketiga wakil rektor ini membimbing seluruh mahasiswa dari segi sikap dan sopan santun, keuangan, hingga hubungan sosialisasi dengan masyarakat.

Hukum Tua Desa Rumbia Oliver Dharmawan, menyampaikan apresiasi dan berterima kasih  kepada para dosen dan mahasiswa ITM yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di desa itu.

Ia juga mengharapkan  Desa Rumbia dan Institut Teknologi Minaesa dapat terus menjalin hubungan baik kedepannya.

Salah satu kegiatan program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan ITM Tomohon di Desa Rumbia. ANTARA/HO-ITM (1)

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024