Manado, (ANTARASulut) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara berharap penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan dapat memberikan pengetahuan menuju pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika pegawai negeri sipil.

"Selain itu juga akan memberikan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya, sehingga PNS mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tomohon Masna J Pioh di Tomohon.

Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi tenaga honorer kategori I, II dan III angkatan ke XII Pemerintah Kota Tomohon yang dilaksanakan di Homestay Uluindano Kecamatan Tomohon Selatan itu diikuti sebanyak 80 orang.

"Pembentukan wawasan kebangsaan, serta pemahaman organisasi penyelenggara pemerintahan akan menjadi modal bagi PNS dalam memasuki dunia kerja profesional," katanya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli mengatakan, diklat prajabatan ini merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS, dan setiap peserta wajib mengikuti hingga dinyatakan lulus.

"Diklat ini juga akan memperluas wawasan berpikir dan bertindak sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Oleh karena itu diharapkan perhatian dan keseriusan seluruh peserta dalam mengikuti diklat prajabatan ini," katanya.

Pelaksanaan diklat prajabatan tahap pertama itu dibagi dua kelas, masing-masing terdiri atas 40 orang yang akan berlangsung secara bertahap yaitu pertama pada 10-16 April dan kedua tanggal 17-23 April 2015.

Pembukaan pelatihan ini turut dihadiri Kabid Kelembagaan Badan Diklat Provinsi Bobby Mongkareng, Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan ODS Mandagi, serta instruktur Serma Danny Paila dan Bripka Jansen Rengkung. ***4***


Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024