Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) menerapkan Zona Integritas (ZI) guna meningkatkan kualitas Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).  

"Kami mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh KUA Sangkub dalam memberikan layanan kepada masyarakat, terutama dalam hal pelayanan pencatatan nikah, bimbingan perkawinan, dan layanan keagamaan lainnya," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Idrus Sante, di Boroko, Kamis.  

Dia mengatakan bahwa manajemen layanan di KUA harus terus ditingkatkan untuk memenuhi ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi.  

"Pelayanan yang prima adalah kunci utama dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap institusi kita," ujar Kakan.

Untuk itu, ia meminta agar seluruh jajaran di KUA Sangkub terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi kecepatan, ketepatan, maupun kenyamanan.

Hal ini, kata Idrus sejalan dengan transformasi birokrasi yang menitikberatkan pada prosedur layanan yang lebih baik dan mudah, dengan menerapkan Zona Integritas (ZI).

“ZI itu adalah kinerja yang baik yang dibuktikan dengan layanan maksimal dan memberi manfaat kepada masyarakat,” jelasnya.

Idrus menegaskan bahwa penerapan Zona Integritas di KUA bukan sekadar program formalitas, tetapi harus diwujudkan dalam setiap aspek pelayanan dan tata kelola administrasi.

Ia mengingatkan bahwa Zona Integritas adalah fondasi dalam membangun pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.  

Dia juga menyoroti pentingnya peran serta seluruh pegawai KUA dalam mendukung penerapan Zona Integritas.

Menurutnya, keberhasilan penerapan ZI tidak hanya bergantung pada kebijakan pimpinan, tetapi juga pada kesadaran dan komitmen dari seluruh jajaran pegawai.
 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024