Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Sulawesi Utara mempermudah pekerja informal di daerah itu untuk mendaftarkan diri sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami bekerja sama dengan provider agar masyarakat lebih mudah untuk menjadi peserta BPJAMSOSTEK," kata Kepala BPJAMSOSTEK Sulut Sunardy Syahid di Manado, Senin.

Dia mengatakan BPJS Ketenagakerjaan menyadari pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja Indonesia pada era saat ini.

Ia menjelaskan risiko-risiko yang dihadapi pekerja, antara lain kecelakaan kerja, hari tua, pensiun, kehilangan pekerjaan, dan kematian, membuat perlindungan ini menjadi kebutuhan prioritas.

Untuk memberikan kemudahan akses, BPJS Ketenagakerjaan bekerja sama dengan Telkomsel melalui ComboFit Jamsostek, yang tersedia di Aplikasi My Telkomsel.

Program ini, katanya, memberikan kesempatan kepada pengguna Telkomsel untuk mendapatkan perlindungan dari risiko pekerjaan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Paket ComboFit Jamsostek diharapkan dapat memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan perlindungan ketenagakerjaan dengan cara yang lebih mudah dan terjangkau.

"Kami optimistis bahwa kerja sama ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Paket ComboFit Jamsostek adalah paket "bundling" pertama di Indonesia yang menggabungkan layanan kesehatan dan jaminan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dalam satu solusi.

Dia mengharapkan dengan kemudahan ini, kesadaran masyarakat, khususnya di Kota Manado, terhadap pentingnya jaminan sosial semakin meningkat.

"Dengan adanya perlindungan ini, pekerja dapat lebih fokus dalam bekerja, sementara keluarga di rumah dapat merasa tenang dan aman," kata Sunardy.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024