Minahasa,  (ANTARA Sulut) - Bupati Minahasa, Sulawesi Utara Jantje Wowiling Sajow mengatakan pemerintah daerah harus meningkatkan pelayanan publik.

"Jajaran pemerintah daerah harus merapatkan barisan bahu-membahu menampilkan kerja dan kinerja semaksimal mungkin untuk pelayanan publik guna mewujudkan masyarakat yang berdaya mandiri dalam menggapai kesejahteraan yang hakiki dalam kerangka NKRI," kata Bupati Sajow saat memimpin apel HUT Otonomi Daerah ke 19 di Lapangan Kantor Bupati, Tondano, Senin.

Sajow mengatakan pemerintah terus meningkatkan daya saing daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Menghadirkan pemerintahan daerah yang demokratis dan melayani masyarakat dalam mendorong terbentuknya daya saing, kreatifitas dan inovasi dengan mengandalkan kekhasan daerah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat," kata Jantje.

Ditegaskan pula Visi Misi Nawa Cita Presiden RI yaitu membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokraris dan terpercaya.

Dalam upaya memperkuat kebijakan otonomi daerah (Otda), maka pelaksanaan Otda memerlukan eksistensi kelembagaan daerah yang diisi oleh SDM aparatur profesional.

Kualitas pelaksanaan Otda memerlukan pengembangan kapasitas daerah, baik dalam regulasi, sistem dan sumber pendanaan daerah.

Keberagaman masyarakat merupakan suatu fakta yang menjadi acuan para pendiri bangsa harus dapat direfleksikan dengan penyediaan berbagai kebijakan daerah.

Keterjangkauan pelayanan kepada masyarakat harus mendapat perhatian dan penataan dengan memperhatikan prioritas dan skala ekonomis pelaksanaannya.

"Otda mendorong munculnya para peminpin daerah yang kapabel dan akseptabel untuk dapat merespon dengan cepat permasalahan daerah," jelasnya.

Bagi daerah, katanya, yang melakukan Pilkada dimintakan untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Turut hadir dalam apel tersebut Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Sekda Jeffry Korengkeng, para pejabat dan semua pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Minahasa.

Pewarta :
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024