Ratahan (ANTARA Sulut) - Kepolisian yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), didesak untuk mengungkap aksi pencurian yang makin marak.

"Mitra sepertinya menjadi sasaran kasus pencurian. Dari pencuri cengkih hingga kendaraan motor kian marak dan sudah sangat meresahkan," kata tokoh masyarakat Mitra Jendry Kawulusan, di Ratahan Senin (27/4).

Bersama masyarakat lainnya, Dia meminta agar pihak Kepolisian dapat lebih serius membongkar aksi pencurian yang meresahkan telah meresahkan ini.

"Kami menantang polisi untuk bisa menghentikan, membongkar sindikat pencuri, serta menghukum pelaku pencurian," ungkap Jendry

Dia mencotohkan kasus pencurian kendaraan bermotor di Desa Pangu, dan beberapa wilayah lainnya di Mitra, terjadi hanya dalam selang satu Minggu.

"Aparat kepolisian lebih hebat dari pencuri. Makanya harapan kami adalah polisi harus mampu mengungkap kasus pencurian yang merajalela," tambahnya.

Sementara, Kapolsek Urban Ratahan, Kompol Jerry Lumenta, tak menampik terkait maraknya aksi pencurian tersebut.

Namun menurut Dia, kejadian ini tidak disertai laporan polisi yang kemudian menjadi dasar pihak kepolisian melakukan pengungkapan.

"Hanya ada beberapa LP (Laporan polisi )yang masuk. Sebagian kita hanya dengar dari pembicaraan warga," tukasnya.

Harusnya kata Dia setiap mengalami kejadian, warga harus melapor. Selain itu, masyarakat juga harus proaktif menjaga keamanan dengan mengaktifkan siskamling.

" Kita juga rutin lakukan patroli dan kami butuh dukungan warga untuk menjaga keamanan," kata Lumenta.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024