Ratahan, (ANTARA Sulut) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Sulut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bersama Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa SMA/SMK, di Aula Kantor Bupati Senin (27/4).

"Saya memberi apresiasi kepada JMT, yang telah menggelar kegiatan yang sangat positif bagi generasi penerus di daerah ini," ujar
Bupati Mitra James Sumendap, di depan 200an peserta pelatihan yang berasal dari 16 sekolah.

Lanjut Dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa, agar menghindari pergaulan bebas yang dapat membahayakan masa depan.

"Banyak manfaat yang akan anda dapatan dalam pelatihan ini, dan saya ingatkan jauhi narkoba dan hindari seks bebas. Anda harus kerja keras kalau ingin jadi orang hebat, anda harus punya mimpi," tegas Sumendap.

Ketua JMT Ruland Sandag, dalam laporannya, menyampaikan tujuan diselenggarakan kegiatan pelatihan Jurnalistik, untuk membekali anak bangsa khususnya, siswa-siswi SMA/SMK sederajat, dengan pengetahuan dan skill di bidang jurnalistik.

"Kegiatan ini juga menaungi dan mewadahi bakat dan minat siswa-siswi di bidang jurnalistik. Mendorong anak bangsa khususnya di Mitra berpikir kritis, kreatif dan mandiri," jelas Sandag.

Ketua AJI Manado Josep Ikanubun, bersama pengurus lainnya, masing-masing Fransiskus Talokon dan Ronny Buol, secara bergantian memberikan materi.

Para siswa ini dibekali tentang, sejarah pers dan kode etik jurnalis Indonesia, teknik meliput dan wawancara, teknik menulis berita dan simulasi berupa praktek meliput, wawancara dan penulisan berita, yang melibatkan peserta pelatihan secara langsung.

Pewarta : Arthur Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024