SITARO, (23/4) AntaraSulut - Sebanyak 1.029 siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, siap mengikuti ujian nasional (UN) tahun ini.

"Itu yang sudah terdaftar sebagai peserta UN yang dijadwalkan pelaksanaannya pada tanggal 4 hingga 7 Mei 2015," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Robert Kahiking, Kamis.

Jumlah peserta UN ini, menurut Kahiking, tersebar di 21 SMP negeri, dua SMP swasta, dan dua MTs Negeri. Jumlah terbanyak adalah siswa SMP negeri 948 siswa, dan sisanya 81 siswa SMP swasta dan MTs. 

Ia mengatakan, pihak sekolah telah mempersiapkan siswa peserta UN melalui les pengayaan dan try out di masing-masing sekolah sejak Januari lalu.

Melalui rangkaian persiapan panjang ini, lanjut Kahiking, tingkat kemampuan penguasaan pada mata pelajaran yang masuk UN diharapkan semakin meningkat. Dengan demikian kualitas kelulusan akan semakin baik.      Kahiking mengaku tidak memiliki data atau informasi perihal kemungkinan putus sekolah sehingga tak bisa ikut UN. Ia berasumsi semua yang terdaftar siap ikut ujian.

"Belum ada informasi data siswa kelas ujian yang putus sekolah. Kita berharap tidak ada halangan , semuanya bisa UN," kata Kahiking.
     
Kepala Bidang Kurikulum dan Pengendalian Mutu, Agustina Budiman menambahkan, UN berlangsung empat hari dengan satu mata pelajaran setiap hari. Dan ujian susulan dijadwalkan 11 hingga 15 Mei.
     
“Ujian susulan hanya bagi yang berhalangan ikut UN karena alasan sakit atau alasan lain yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.


Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024