Manado (ANTARA) -
Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengajak orang tua di provinsi itu untuk membawa anaknya yang berusia 0-7 tahun divaksin polio setelah pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Manado, belum lama ini.

"Sasaran PIN Polio di Sulut sebanyak 300 ribu anak. Jujur saya mau katakan adalah pekerjaan yang lumayan sulit. Harapan saya yang paling utama adalah komitmen kita bersama menyelesaikan kerja ini," kata Wagub Steven.

Menuntaskan kerja tersebut, menurut Wagub Steven, memerlukan satu sikap gotong-royong yang luar biasa dari semua pemangku kepentingan terkait, baik vertikal dan horizontal di daerah ini.

Menurut Wagub Sulut keenam tersebut, angka capaian imunisasi polio di provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut perlu ditingkatkan.

"Saya harus berani menyampaikan bahwa tingkat capaian imunisasi di Sulawesi Utara setahu saya belum yang terbaik. Kita harus mengakui belum yang terbaik," katanya.

Karena itu, kata Wagub, tidak ada salahnya kalau mencari cara terbaik agar semakin banyak anak usia 0-7 tahun yang mendapatkan layanan vaksinasi polio.

"Acara seperti ini bukan mubazir, justru akan menumbuhkan keingintahuan masyarakat. Ketika masyarakat tahu ada pencanangan pekan imunisasi polio otomatis masyarakat menjadi tahu," ujarnya.
 
Wagub menambahkan selain vaksinasi polio, jajaran kesehatan juga diajak memaksimalkan vaksinasi-vaksinasi lainnya. "Dari lubuk hati yang paling dalam, kami memberikan apresiasi teman-teman pemangku kepentingan kesehatan atas upaya kerjanya, upaya kita untuk pencapaian imunisasi, dimana ada usaha, di situ ada jalan," ujar Wagub.

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara menggelar Festival Sulut Sehat 2024 di kawasan Mantos Tiga Manado yang diikuti Dinas Kesehatan kabupaten dan kota serta pemangku kepentingan kesehatan lainnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024