Manado, 21/4 (Antara Sulut) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) memperingati Hari Kartini secara sederhana dalam suatu upacara, di Manado, Selasa.

Kegiatan yang diikuti personil Polda Sulut itu tampak "istimewa", karena seluruh perangkat upacara adalah para personel wanita baik Polwan maupun PNS wanita.

Mulai dari Irup dipimpin Kepala Biro Perencanaan Polda Sulut Kombes Pol Evie Suoth, Komandan upacara Kompol Adritina, hingga para Komandan Peleton (Danton) dan Komandan Kompi (Danki).

Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung dalam sambutan tertulis dibacakan Kombes Pol Evie Suoth mengatakan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.

Kemampuan ini tentunya memerlukan fondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi.

Dengan kemampuan ini pula yang mendasari R.A Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum wanita.

"Atas perjuangan R.A Kartini itulah, kini bisa dilihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial khususnya dalam Kepolisian seperti Polwan," katanya.

Tema peringatan Hari Kartini tahun ini adalah �Harus cerdas, bijaksana dan mampu untuk memberikan manfaat kepada keluarga dan lingkungan�.

Tema ini, sangat relevan dengan peran Polwan yang harus cerdas dalam melaksanakan tugas pokoknya masing-masing, bijaksana dan mampu menjalankan perannya di dalam keluarga sebagai ibu, serta keberadaan Polwan dirasakan oleh masyarakat.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024