SITARO (21/4) AntaraSulut - Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro menggagas lomba Cipta Menu Serba Ikan, guna menyemarakkan perayaan Hari Kartini, di Auditorium Kantor Bupati, Senin.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sitaro, Nancy Manengkey Runtu menjelaskan, lomba cipta menu serba ikan ini dimaksudkan memotivasi dan menumbuhkan daya kreatifitas kaum perempuan dalam mengelola potensi alam Sitaro sebagai daerah bahari.

Perayaan ini mengangkat tema: Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Perempuan untuk Mensejahterahkan Keluarga.

"Diharapkan muncul wirausahawan dari kaum perempuan yang mendayagunakan potensi perikanan yang dimiliki daerah ini, misalnya merintis wisata kuliner khas Sitaro," katanya.

Bupati Sitaro Toni Supit memberi apresiasi atas prakarsa kaum perempuan menggelar perlombaan yang berbasis pada potensi kebaharian daerah.

"Kerja kreatif seperti ini merupakan wujud emansipasi yang diperjuangkan RA Kartini, semoga tidak berhenti di sini. Tapi menjadi titik awal bagi munculnya inovasi dan kreatifitas kaum perempuan ikut mensejahterakan keluarga dan memajukan daerah," katanya.

Bupati mengatakan, sosok Kartini masa kini adalah adalah wanita yang tampil berperan secara cerdas, kritis dan inovatif, berani melakukan terobosan untuk perubahan dan kemajuan semua kaum.

Perayaan hari Kartini semakin semarak saat para pejabat eselon dua dan tiga di lingkungan Pemkab Sitaro berlaga dalam lomba membuat nasi goreng ikan laut. Juga peragaan busana kebaya modern yang diikuti pengurus dan anggota PKK dan Dharma Wanita.

Pewarta : Fidel Malumbot
Editor :
Copyright © ANTARA 2024