Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, prioritas pembangunan provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa tersebut diarahkan pada tiga aspek sesuai dengan tema RKP.

"Tema rencana kerja pemerintah atau RKP tahun depan adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," kata Gubernur Olly di Manado, Senin.

Tema RKP ini, kata Gubernur, bertekad untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang mencakup seluruh lapisan masyarakat secara berkelanjutan.

"Mewujudkan tema ini maka kebijakan prioritas pembangunan diarahkan pada tiga aspek utama yang mencakup peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur berkualitas, serta pembangunan ekonomi inklusif dan berkelanjutan yang mampu menciptakan lapangan kerja yang berkualitas," ujarnya.
  Gubernur Sulut Olly Dondokambey. ANTARA/DKIPS ANTARA/DKIPS

Gubernur Olly mengatakan, sejalan dengan RKP tahun 2025, arah kebijakan pemerintah provinsi telah disusun untuk mewujudkan Sulut sebagai super hub di kawasan Indonesia Timur. 
 
"Hal ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah tahun 2025-2045 untuk menjadikan Sulut sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia dan Pasifik yang mandiri maju dan berkelanjutan," kata Gubernur menambahkan.

Pemprov, kata Gubernur Olly, telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan dalam kegiatan diskusi kelompok terarah beberapa waktu lalu dan semua menyambut baik upaya Sulut menjadi super hub di wilayah timur Indonesia.
  ANTARA/DKIPS   ANTARA/DKIPS

Menjadikan Sulut sebagai super hub, kata gubernur, prioritas pembangunan Sulut tahun 2025 diarahkan pemerataan pembangunan berkualitas dan berdaya saing, penguatan kapasitas sumber daya manusia.

Selanjutnya, peningkatan daya saing perekonomian daerah, peningkatan daya saing investasi daerah, penanggulangan kemiskinan.

Selanjutnya, pembangunan pertanian, perkebunan, dan pariwisata, peningkatan kwalitas tata kelola pemerintahan serta peningkatan kualitas pelayanan publik.
  ANTARA/DKIPS ANTARA/DKIPS   ANTARA/DKIPS   ANTARA/DKIPS

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024