Manado, 18/4 (Antara Sulut) - Kantor Pos Manado menjamin pelaksanaan penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM) di daerah itu tidak ada potongan satu senpun.

Kepala PT Pos Indonesia Manado Purgyanto mengatakan, pada penyaluran dana PKH itu, KSM menerima secara utuh dana tersebut.

"Pelaksanaannya tidak ada potongan sesenpun," kata Purgyanto, di Manado, Sabtu.

Purgyanto mengatakan, penyaluran bantuan pemerintah bagi warga itu dipantau juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Jika dalam penyalurannya terjadi potongan sesenpun, silakan laporkan akan ditindak dengan tegas petugas yang melakukan pemotongan," katanya.

Menurut Purgyanto, pelaksanaan penyaluran dana PKH bagi KSM itu dilakukan dalam empat tahap dalam setahun atau setiap triwulan.

Pada pelaksanaan penyaluran itu, para KSM didampingi petugas pendamping.

"Juru bayar dana PKH itu dari petugas kantor pos dan didampingi pendamping," katanya.

Saat ini Kantor Pos Manado lagi melakukan penyaluran dana PKH tahap satu gelombang pertama pada sejumlah kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara.

Khususnya untuk Kota Manado, terdapat sekitar Rp745,952 juta yang disalurkan kepada 2.662 KSM yang tersebar pada sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Tuminting, Singkil, Mapanget, Wenang, Tikala dan Paal Dua.

Dana PKH merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu bagi warga kurang mampu di sektor pendidikan dan kesehatan untuk memutus rantai kemiskinan. @antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie M R Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024