Manado (ANTARA) - Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Allan Mingkid mengatakan, Program SheHacks Innovate akan meningkatkan kualitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) perempuan di daerah itu.


“Kami mengapresiasi salah satu provider telekomunikasi sebagai penyelenggara kegiatan ini dan berterima kasih telah menghadirkan program SheHacks Innovate di Minahasa Utara sehingga dapat menginspirasi serta menumbuhkan semangat para perempuan untuk terus memajukan usaha mereka," kata Allan di Minut, Rabu.

Melalui inisiatif ini, perempuan dapat saling berbagi ilmu, pengalaman, dan sumber daya sehingga dapat turut berkontribusi terhadap ekosistem bisnis di Indonesia, khususnya di Sulawesi Utara.

"Melalui kegiatan ini nantinya akan dipilih belasan UMKM yang akan mendapat sejumlah fasilitas dalam mengembangkan usahanya," katanya.

UMKM perempuan di Sulawesi Utara khususnya Minut untuk berinovasi melalui lokakarya kewirausahaan perempuan di bidang teknologi bertajuk SheHacks Innovate, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan SheHacks 2024.

Program pertama kalinya diselenggarakan di Sulawesi Utara ini merupakan wujud dukungan kepada pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dalam hal pemanfaatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).

Selain itu untuk memaksimalkan pemberdayaan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Kegiatan SheHacks Innovate yang diselenggarakan di Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara diikuti lebih dari 75 pelaku UMKM lokal.

Dalam aktivitas ini, para peserta yang bergabung saling berbagi pengalaman sesuai bidang bisnis mereka masing-masing.

Antusiasme yang tinggi terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar mengikuti SheHacks 2024 sebanyak lebih dari 17.000 peserta.

Agenda kegiatan workshop offline selama dua hari ini dibagi dalam tiga tahapan yaitu Formation Team, Building Innovations, dan Showcase.

Selanjutnya, program SheHacks Innovate di Sulawesi Utara ini akan membantu pengembangan 15 usaha rintisan atau startup lokal terpilih melalui kesempatan belajar tentang Business Model, Digital Marketing Solutions, dan Prototyping & Pitching.

Program ini juga akan memilih satu bisnis terbaik di setiap lokasi workshop-nya untuk dipilih bersama oleh publik (People’s Choice) pada akhir program.

Florentina Karunia Lengkong pemilik usaha GoChips mengatakan dengan adanya program SheHacks Innovate ini, pelaku UMKM lokal mendapatkan wawasan lebih luas untuk memaksimalkan teknologi digital dalam memasarkan usaha lebih luas lagi.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024