Manado (ANTARA) - Penjaringan Calon Rektor (Carek) Universitas Negeri di Manado (Unima) telah berhasil dilaksanakan, dengan menghasilkan tiga nama teratas yang akan diusulkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Penjaringan melalui sidang senat tertutup dilaksanakan di Kantor Pusat Unima, Selasa.

Adapun tiga nama teratas dalam hasil penjaringan Carek tersebut, yakni pertama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr Joseph Philip Kambey SEAk MBA, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Orbanus Naharia MSi dan Ketua LP3M Dr Patricia Silangen SPd MSi.

Kambey peroleh 14 suara senat dan menjadi peraih suara terbanyak pertama diikuti Orbanus Naharia 13 suara. 

Sementara posisi ketiga Patricia Silangen dengan 10 suara.

Nama lain Prof Dr Tinneke Sumual MS yang juga Direktur Pasca Sarjana meraih 8 suara, Dr Armstrong Sompotan SSi MSi selaku Ketua LPPM dua suara, Dr Rymond Rumampuk meraih satu suara, Recky Sendow SP MM PhD, Dr Intama Jemmy Polii MPd, Prof Nitha Liando PhD serta Dr Aljon Dapa meraih 0 suara.

Sekilas profil dari Joseph Philip Kambey.

Kambey saat ini menjabat Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, merupakan pria kelahiran Filipina pada 6 Maret 1976, menamatkan studi S1 di Unsrat Manado dengan bidang ilmu Akuntansi.

Kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Adventist International Institute of Advance Studied dengan program studi Bisnis Administrasi serta pendidikan S3 di Universitas Negeri Jakarta program studi Manajemen.

Nama istri Joseph Kambey yakni Jeannet Kumaat, serta dikaruniai tiga orang anak, Joanne, Jade dan Jocelyn.

Sebelum menjabat Dekan, karir pengabdiannya yakni pernah sebagai Sekretaris Prodi S2 Pendidikan Ekonomi di Unima tahun 2016, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Universitas Prisma tahun 2018, anggota Board Member Unklab Airmadidi serta pernah sebagai Ketua Badan Kerja sama Luar Negeri Unima tahun 2020-2022.

Kambey pernah menghasilkan 19 karya ilmiah dan 4 karya buku selama mengajar di Unima.

Pria dengan pangkat fungsional Lektor Kepala ini bidang keahlian lebih berkutat di Akuntansi dan Manajemen Keuangan.

Salah satu mahasiswa Unima, Steven, mengapresiasi penjaringan Carek tahun 2024 yang dinilai berjalan lancar dan demokratis.

"Kami optimistis hasil penjaringan ini nantinya memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Unima," kata dia.



 

Pewarta : Nancy Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024