Manado (ANTARA) -  Pengurus DPD I partai Golkar Sulawesi Utara (Sulut), Johanis Calvin Panginda, mengatakan, DPP partai berlambang pohon beringin itu, akan menerbitkan SK calon kepala daerah (kada) di seluruh Indonesia pada 15 Juli 2024. 

"Pekan kedua, tepatnya 15 Juli 2024 DPP akan menerbitkan SK bagi semua calon kada dari partai Golkar di Indonesia, yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah serentak akan terbit," kata Calvin Panginda, di Manado, Senin. 

Karena itu, Panginda mengatakan, saat ini DPD partai Golkar Sulawesi Utara dan semua DPD II termasuk Manado, sedang berupaya, agar kader terbaik yang menerima SK untuk bertarung pada 27 November 2024 nanti. 

Panginda yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Manado, mengatakan, DPD I dan II melihat berbagai macam survey dan mempertimbangkan semua aspek untuk menetapkan siapa kader terbaik yang akan menjadi calon gubernur, wali kota, wakilnya, bupati dan wakilnya. 
   
"Harus dilihat semua bibit, bebet dan bobotnya," katanya. 

Panginda menyebutkan, ada dua nama yang saat ini resmi mendaftar sebagai calon wali kota Manado di partai Golkar, yakni mantan wali kota Manado, Jimmy Rimba Rogi dan Ketua Kosgoro Sulut, Jilly Philips Makarawung. 

"Mereka adalah kader-kader pilihan yang dimiliki Golkar, dan kami berharap yang terbaik yang menerima SK untuk bertarung dalam Pilkada Manado nantinya,"kata Panginda.    

Mengenai bakal calon wakil wali kota Manado, Panginda mengatakan, Golkar lebih memilih dari internal partai, namun siapa belum disebutkan namanya secara jelas. 

Namun dia mengatakan, tanggal 15 ketika SK calon wali kota diserahkan, dan kemungkinan besar akan diumumkan bersamaan dengan nama calon wakil yang akan mendampinginya nanti. Jadi tinggal menunggu saja. 

Panginda juga menambahkan, untuk maju pilkada, Golkar tetap akan berkoalisi, untuk memenuhi syarat kuota kursi 20 persen. Sebab saat ini Golkar memiliki lima kursi, dan harus mencari tambahan tiga kursi, untuk ikut dalam kontestasi Pilkada Manado 2024. 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024