Manado (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara Dr. Andi Muhammad Taufik. SH, MH, memimpin upacara pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan Wakajati Sulut Dr Transiswara Adhi SH, M.Hum dan sejumlah pejabat utama di instansi itu, di Manado, Senin (24/6).

Sejumlah pejabat utama masing-masing  Asisten Pengawasan Rindang Onasis SH, Kajari  Bitung  Dr. Yadyn SH,  MH, Kajari Minahasa B. Hermanto, SH, MH, Kajari  Minahasa Utara I Gede Widhartama SH, Kepala Bagian Tata Usaha Kejati Sulut  Sterry Fendy Andih SH, MH, dan Koordinator pada Kejati Sulut Paris Manalu SH, MH.

Wakajati Sulut Dr. Transiswara Adhi SH, M.Hum. sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung di Jakarta.

 Sementara itu Wakajati Sulut  yang lama Dr. Emilwan Ridwan SH, MH. dipromosi sebagai Kepala Pusat Pemulihan Aset Pada Kejaksaan Agung di Jakarta.


Asisten Pengawasan Rindang Onasis SH,  sebelumnya menjabat sebagai Kajari Ponorogo, sementara itu pejabat Asisten Pengawasan  yang lama Fathkuri, SH. dipromosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kelas I Bau-Bau.


Kajari  Bitung Dr. Yadyn, SH, MH sebelumnya menjabat sebagai Kajari Luwu Timur di Malili,  sementara itu pejabat lama   Fauzal SH, MH. dipromosi sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau di Tanjung Pinang.

Kajari  Minahasa B. Hermanto SH, MH,  sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat di Mamuju,  sementara pejabat lama Diky Oktavia SH, MH. dipromosi sebagai Kajari Batu Bara di Lima Puluh.

Kajari  Minahasa Utara I Gede Widhartama SH. sebelumnya menjabat sebagai Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Maluku di Ambon.


Kepala Bagian Tata Usaha pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Sterry Fendy Andih SH, MH sebelumnya menjabat sebagai Pemeriksa Perdata dan Tata Usaha Negara pada Asisten Bidang Pengawasan Kejati Sulut, sementara pejabat lama Kepala Dr. Arjuna Meghanada Wiritanaya SH, MH. dipromosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwatu di Marisa.

Sementara Koordintor pada Kejati Sulut Paris Manalu SH, MH, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Wilayah I pada Subdirektorat Direktorat Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung di Jakarta. 

Sementara itu pejabat Koordinator pada Kejati Sulut   Anthoni Nainggolan SH, MH. dipromosi sebagai Kajari Ketapang di Ketapang.

Kajati Sulut Andi Muhammad Taufik
menyampaikan  bahwa rotasi jabatan dilingkungan Kejaksaan RI  berupa mutasi dan promosi merupakan suatu hal yang biasa dilakukan oleh pimpinan.

Tujuan  utamanya untuk  penyegaran sumber daya manusia sehingga diharapkan dapat menggerakkan kehidupan organisasi, meningkatkan semangat kerja sehingga akan berdampak kepada kualitas pelaksanaan tugas yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu pergantian pejabat harus dilihat sebagai suatu peristiwa penting baik ditinjau dari tuntutan perkembangan organisasi yang sehat dan dinamis maupun dari segi pendayagunaan sumber daya manusia. 

Kepada pejabat baru yang baru saja dilantik agar mengemban amanah ini sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan yang saudara miliki secara profesional dan proporsional dengan kemampuan menerjemahkan beragam keinginan dan harapan ditengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang acapkali mengalami perkembangan dan perubahan.

Serta memperhatikan kearifan lokal, kejernihan nurani yang menghargai dan menempatkan manusia dan nilai-nilai kemanusiaan sebagai keutamaan. 

"Saya berharap kepada para pejabat yang baru dilantik agar dapat segera menyesuaikan diri, beradaptasi, memahami peran tugas dan fungsi serta tanggung jawab saudara, lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan tugas fungsi saudara tersebut," katanya.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Asisten Pembinaan Agita Tri Moertjahjanto SH, MH, Asisten Tindak Pidana Umum Jeffry Paultje Maukar SH, MH., Asisten Tindak Pidana Khusus Hartono SH, MH, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Sulawesi Utara  Maemunah Andi Muhammad Taufik.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024