Manado, (ANTARA Sulut) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Sulawesi Utara, mempertanyakan sumber dana hadiah jalan-jalan dan dua pekan belajar di luar negeri bagi siswa peraih nilai ujian nasional tertinggi.

"Dinas Pendidikan harus menjelaskan, di nomenklatur mana dana khusus hadiah siswa peraih nilai tertinggi itu dialokasikan dalam APBD 2015," kata Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang, di Manado, Rabu.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut, menjanjikan bagi siswa peraih nilai tertinggi tersedia hadiah berangkat sambil belajar keluar negeri selama dua pekan.

Jika meraih nilai tertinggi se-Sulawesi Utara, akan belajar dan jalan-jalan ke Jepang, dan khusus untuk tingkat Manado mendapatkan hadiah jalan-jalan dan belajar ke Singapura selama dua minggu

Sualang mengatakan, tidak ada mata anggaran yang secara khusus disediakan untuk siswa peraih nilai tertinggi tingkat Manado dan provinsi dalam APBD 2015.

"Jangan sampai asal bunyi saja, karena sudah dijanjikan pemerintah lalu sembarangan main sebut ada di APBD, setahu saya tidak ada mata anggaran itu," katanya.

Sualang mengatakan, anggaran khusus yang disediakan dalam APBD untuk mendukung perkembangan dunia pedidikan di Manado, hanya untuk olimpiade sains, itu yang diajukan oleh Dinas Pendidikan dalam pembahasan APBD dalam nominal kecil, juga untuk paskribraka, tetapi tidak untuk peraih nilai UN tertinggi.

Dia mengingatkan, jangan sampai apa yang dijanjikan kepada para siswa itu, hanya untuk pencitraan, padahal masih banyak hal yang penting untuk dilaksanakan.

Sualang mengatakan, melihat kondisi yang ada sekarang, justru DPRD merasa miris, karena anggaran untuk pengembangan pendidikan justru kurang, meskipun DPRD sudah berkali-kali mengingatkan agar dinaikkan, namun tetap kecil.

"Sebaiknya pemerintah berpikir bagaimana menambah anggaran untuk olimpiade sains, agar para siswa yang mewakili Manado di dunia internasional mendapatkan jaminan lebih, dan bisa menjadi motoivasi bagi siswa untuk berjuang dengan maksimal," katanya.

***2***



(T.KR-JHB/B/A013/A013) 15-04-2015 08:11:56

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024