Manado, (ANTARA Sulut)- Gubernur Sulawesi Utara(Sulut) Sinyo H Sarundajang mengatakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) digelar mulai hari ini, berlangsung secara serentak.

Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang, di Manado, Senin mengatakan, UN di daerah ini dilakukan secara serentak.

"Di daerah kepulauan UN juga dilaksanakan, tidak ada masalah,"kata Sarundajang usai membuka soal naskah ujian di SMA Negeri VII Manado.

Sarundajang menambahkan, semua bahan ujian sudah tiba dan sampai saat ini belum mendapatkan laporan adanya hambatan.

Berharap pelaksanaan ujian di daerah itu dapat berjalan dengan lancar serta dengan hasil yang baik.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya dalam pelaksanaan UN daerah ini berhasil, begitu juga yang diharapkan tahun ini. Mudah-mudahan apa yang kita harapkan bisa terealisasi," katanya.

Menurut Sarundajang, yang terpenting juga tidak ada siswa yang tidak ikut ujian, karena mungkin bahannya belum sampai atau hal-hal lainnya.

Gubernur Sarundajang selain membuka soal di SMA Negeri VII juga melakukan pemantauan pelaksanaan ujian pada sejumlah sekolah di daerah itu.

Sekolah dipantau antara lain Madrasah Aliyah Negeri Manado, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri II Manado, SMA Eben Haezer Manado dan SMA Don Bosco Manado.

Pada pemantauan itu gubernur didampingi antara lain Rektor Universitas Negeri Manado Prof Dr Ph.E.A Tuerah MSi DEA, Ketua Komisi IV DPRD Sulut James Karinda, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut Gemmy Kawatu.

Jumlah peserta UN SMA di Sulut sekitar 33.987 siswa yang tersebar pada SMA, SMK, MA di 15 kota dan kabupaten.

Pewarta : Oleh Jorie M R Darondo
Editor : Guntur Bilulu
Copyright © ANTARA 2024