Manado (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steve Kepel mengatakan sektor kelautan dan perikanan membutuhkan sinergi dan harmonisasi antara pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi tantangan ke depan.
 
"Sinergi dan harmonisasi tersebut penting dilakukan agar tantangan pembangunan kelautan dan perikanan dapat kita hadapi," ujar Sekdaprov Kepel di Manado, Kamis.
 
Perkembangan pembangunan kelautan dan perikanan yang berkembang dengan sangat pesat, kata dia, menuntut penegakan prinsip keterpaduan, keberlanjutan, kepastian hukum dan keadilan sesuai landasan ideologi Pancasila.
 
Hal ini harus dipandang sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan dan pesisir.
"Pemerintah Provinsi Sulut berkomitmen senantiasa mendukung kebijakan pemerintah pusat dalam mengimplementasikan menjaga kesehatan laut serta Ekonomi Biru (Blue Economy)," ujarnya.
 
Menurut Sekdaprov Sulut, pembangunan bukan hanya dilihat dari peningkatan produksi tapi juga peningkatan kualitas ekologi.
 
Karena itu, Pemerintah Provinsi Sulut bersama dengan Sekretariat 'Coral Triangle Initiative' (CTI) dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan 'Beach Clean-up' dalam rangka peringatan 'Coral Triangle Day' tanggal 9 Juni 2024.
 
"Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur dalam masyarakat dan dilaksanakan di beberapa lokasi," ujarnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024