Manado (ANTARA) - Hari kedua pelaksanaan tes wawancara, untuk calon panitia pemungutan suara (PPS) puluhan peserta dari kelurahan yang berada di lima Kecamatan, yakni, Wenang, Wanea, Mapanget, Sario, dan Tikala unjuk kemampuan untuk mendapatkan tiga posisi di wilayah masing-masing.    

"Pelaksanaan seleksi di hari kedua, juga diikuti oleh banyak calon, dari seluruh kelurahan yang ada di lima kecamatan tersebut,"kata Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, melalui Humas, Ramly Pateda, di sela-sela tes, di four poin hotel, Rabu.  Para calon PPS yang  menunggu giliran wawancara . (ANTARA/JOICE) (1)
Pateda mengatakan, yang melaksanakan wawancara kepada tenaga ad hoc dari kelurahan itu adalah PPK, namun tetap dalam pengawasan KPU Manado dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu. 

Menurut Pateda sesuai dengan regulasi yang ada, maka para peserta sebagai calon PPS harus memiliki kemampuan inteligensi, dalam hal ini kecerdasan tentang berbagai aturan tentang pemilihan kepala daerah, serta kondisi Kota Manado terutama kelurahan tempatnya melayani sebagai PPS.  Ketua Divisi Teknis KPU Manado, Hasrul Anom
 awasi tes wawancara. (ANTARA/JOICE) (1)
"Yang terutama adalah integritas para penyelenggara, karena itu yang paling penting dimiliki seorang penyelenggara, untuk menyukseskan jalannya Pilkada serta menghasilkan pemimpin yang berkualitas memimpin untuk Kota Manado, maupun Sulawesi Utara," katanya. 

Sedangkan hasil tes, kata Pateda, akan diumumkan nanti, setelah seluruh tes selesai dilaksanakan, dan akan dilanjutkan dengan pelantikan sehari setelah pengumuman. 

Sementara Ketua Bawaslu Kota Manado, Brilliant Maengko, yang datang langsung melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tes itu, mengakui semuanya berjalan sesuai dengan aturannya.   Para peserta menunggu giliran wawancara . (ANTARA/JOICE) (1)
Sebagai pengawas jalannya pesta demokrasi, dia juga berharap kiranya semua tahapan berjalan lancar dan on the track sehingga seluruh tahapan Pilkada bisa berjalan baik dan sukses.       


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024