Manado (ANTARA) - KPU Manado melakukan tes wawancara untuk seleksi calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) 87 kelurahan, guna menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil, serta wali kota dan wakilnya, di Hotel Four Poin, Selasa. 

"Ini adalah lanjutan dari tes CAT kemarin, yang lolos ikut seleksi wawancara yang tidak lolos tidak lanjut ke tahapan ini," kata Ketua KPU Manado, Ferley Kaparang, di Manado, Selasa. 

Dia menjelaskan, di tahapan ini pihaknya mewawancarai para calon anggota PPS, yang tujuannya untuk menguji, bukan hanya inteligensi saja, tetapi juga integritas para pelaksana. 

Dari wawancara itu, kata Kaparang, maka akan diketahui kalau mereka itu berintegritas atau tidak, sebab itu yang akan menjadi penentu mereka bekerja baik atau tidak. 

Sementara Ketua Divisi SDM Parmas KPU Manado, Ramly Pateda mengatakan, calon anggota PPS yang ikut dalam tes kali ini, berjumlah 359 orang, dan tes wawancara dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 21 sampai 23 Mei nanti. 

Pateda merinci, para calon tersebut diwawancarai oleh PPK, dan KPU sebagai yang mengawasi jalannya pelaksanaan seleksi tersebut, untuk memastikan berjalan dengan benar. 

Dia menyebutkan, di hari pertama seleksi, yang diwawancarai adalah peserta dari calon anggota PPS dari Kecamatan Tuminting, Malalayang, Singkil, Paal Dua dan Bunaken. 

"Kemudian untuk hari kedua adalah dari kecamatan Tikala, Sario, Mapanget, Wanea dan wenang dan hari terakhir adalah PPK dari Bunaken Kepulauan, yang berasal dari empat kelurahan di Bunaken dan Manado Tua," kata Pateda. 

Pengumuman yang lolos akan disampaikan setelah seluruh tes selesai, baru akan dilakukan pelantikan untuk mulai melakukan tugasnya sebagai PPS di kelurahan tersebut. 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024