Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 15 Mei 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Minggu.
 
Dia mengatakan cuaca ekstrem tersebut dapat menyebabkan terjadinya bencana banjir, tanah longsor bahkan pohon tumbang.
 
Oleh karena itu, warga diajak berhati-hati manakala melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem, dan BMKG akan memutakhirkan data dan informasi peringatan dini cuaca ekstrem secara berkala.
 
"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ajak Ben.
 
Di tanggal 13 Mei 2024, kata dia, potensi cuaca ekstrem di Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Selanjutnya, di tanggal 14 Mei diprediksi terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Sementara di tanggal 15 Mei 2024 diperkirakan terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024