Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di wilayah Sulawesi Utara.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 28 April 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Jumat.
 
Saat kondisi cuaca ekstrem, Ben berharap warga berhati-hati terhadap potensi banjir dan tanah longsor serta pohon tumbang.
 
"Mereka yang tinggal di bantaran sungai kiranya dapat waspada terhadap bencana banjir, sementara mereka yang tinggal di daerah berbukit atau curam mewaspadai tanah longsor," ujarnya.
 
BMKG, kata Ben, terus memperbarui data dan informasi daerah kabupaten dan kota yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.
 
Ben menjelaskan, potensi cuaca ekstrem di tanggal 26 April 2024 diprediksi di Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Selanjutnya di tanggal 27 April 2024 diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Sulut seperti Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Sedangkan di tanggal 28 berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024