Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah melindungi ratusan ribu pekerja rentan melalui perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

"Ada tiga program perlindungan pekerja rentan yang diberikan dari anggaran Pemprov Sulut, yaitu Perlindungan Pekerja Sosial Keagamaan -PERKASA- sebanyak 120.031 pekerja, Perlindungan Sosial Buruh Tani dan Petani -Pesona- sebanyak 34.914 pekerja, dan Perlindungan Sopir sebanyak 754 pekerja," kata Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai wawancara
dengan juri panelis Paritrana Award secara daring di Manado, Kamis.

Dia menjelaskan, selain itu pihaknya telah menginstruksikan perlindungan pekerja rentan di masing-masing kabupaten/kota, dan sampai dengan tahun 2023 telah terlindungi sebanyak 344.967 pekerja rentan di seluruh kabupaten/kota se-Sulut.

Pihaknya telah memaksimalkan perlindungan kepesertaan Korpri, Non ASN, dan Perangkat Desa di lingkup Pemprov Sulut dan pemkab/pemkot.

Gubernur mengatakan, inovasi di tahun 2025 salah satunya melakukan perluasan perlindungan terhadap pekerja rentan yang belum terlindungi, yakni wartawan, pengurus konfederasi serikat pekerja/serikat buruh, dan pengurus wredatama.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah siap mempertahankan juara Best of The Best Paritrana Award dalam kategori Pemerintah Provinsi.

Raihan penghargaan Paritrana Award empat tahun berturut-turut yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas keberhasilan dalam melakukan implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Kepela BPJAMSOSTEK Sulut Sunardy Syahid menyampaikan, Penghargaan Paritrana Award Tahun 2023 pihaknya optimis Pemprov Sulut masih bisa mempertahankan gelar Best of The Best pada Kategori Pemerintah Provinsi.

Apalagi gubernur juga menyampaikan akan mendorong pemerintah kabupaten/kota melakukan perluasan perlindungan terhadap pekerja rentan yang belum terlindungi, yakni buruh bangunan, karang taruna, pekerja kaki lima, LPM, TP-PKK, pekerja pers, pekerja sosial kemasyarakatan, pekerja disabilitas, pendamping keluarga untuk perempuan/stunting, nelayan, dan peternak.

"Kami sangat mengapresiasi atas upaya, kepedulian, dan inovasi yang dilakukan Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Provinsi Sulawesi utara dapat mencapai Universal Worker Coverage," kata Sunardy.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024