Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon meluncurkan agenda "Tomohon International Flower Festival" (TIFF) tahun 2024, menjadi salah satu Kalender iven nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Peluncuran yang dilakukan Wali Kota Tomohon Caroll Senduk bertempat di Kompleks Menara Alfa Omega Kecamatan Tomohon Tengah, Jumat, yang diawali dengan FunWalk serta diikuti Forkopimda Tomohon, jajaran pejabat Pemkot Tomohon dan sejumlah 'Sponsorship'.

Caroll Senduk mengatakan, Tomohon International Flower Festival adalah iven pariwisata yang adalah salah satu penggerak utama bagi kegiatan perekonomian daerah tersebut, dengan melaksanakan iven yang berkualitas dan melibatkan komponen terkait di masyarakat. 

“TIFF diharapkan dapat bermanfaat dan dirasakan seluruh lapisan masyarakat, bersama pemangku kepentingan terkait dan UMKM. Pelaksanaan TIFF dapat menambah pergerakan wisatawan dan aktivitas ekonomi kreatif lainnya,” kata Caroll saat menyampaikan sambutan saat Launching TIFF 2024.

Pelaksanaan TIFF akan mendukung program nasional dalam meningkatkan arus kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara. Iven tahunan untuk mengajak lebih banyak masyarakat berwisata di dalam negeri dan mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara hingga berlipat-lipat banyaknya. 

“Kegiatan TIFF di Kota Tomohon merupakan bagian membangun kolaborasi bersama pemerintah pusat, Pemerintah daerah, asosiasi, komunitas dan stakeholder industri pariwisata untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja dalam meningkatkan kualitas iven dan destinasi, hingga memperbanyak atraksi yang berkesan dan menarik,” harap Caroll Senduk.

Adapun tema TIFF 2025 adalah, Bergerak Maju, Menjadi lebih Kuat (Moving Forward, Getting Stronger) menjadi acuan untuk motivasi dan ajakan untuk bergerak maju dengan penuh semangat dan optimisme. Menjadi kuat bersama melalui kegiatan Pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Kota Tomohon dan sekitarnya. 

“Mari kita bekerja bersama, kita ciptakan perluasan lapangan kerja, sebagai bagian dari kemajuan perekonomian kita, guna mendukung dan mensukseskan visi Tomohon maju berdaya saing dan sejahtera,” katanya.

Caroll meminta semua pihak dapat menjadikan TIFF terus menjadi iven pariwisata Indonesia berkelas dan mendunia.

Launching TIFF 2024 dilakukan  Wali Kota Tomohon, Forkopimda Tomohon dan Tokoh-tokoh Agama yang ditandai dengan pelepasan Merpati.

Hadir dalam kegiatan,  Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, Ketua DWP Kota Tomohon Prisilia Tirsa Roring -Rawung, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu, Danrindam 13 Merdeka Kolonel Inf Endra Saputra Kusuma, Pabung kota Tomohon Mayor CBA Novel Maridjan, Mewakili ketua PN Tondano Devid Losu, Korwil BIN Ahmad Firgaus.

 

Pewarta : Karlie Hannie
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024