Manado (ANTARA) - Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), memuntahkan abu vulkanik diperkirakan setinggi 500 meter pada Selasa.

"Iya kalau dilihat dari video memang demikian (mengeluarkan debu). Tapi nanti hubungi petugas setempat. Video tersebut diambil pukul 13.00 WITA," kata Ketua Pos PGA Karangetang, Yudia P Tatipang di Manado, Selasa.

Ketua Pos PGA Gunung Ruang, Julius Ramopolii ketika dikonfirmasi belum mengangkat telepon meski terdengar nada panggil.

Sebelumnya gempa vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, naik signifikan.

"Jumlah kegempaan terutama gempa vulkanik dalam pada periode 1-15 April terjadi kenaikan yang signifikan dibandingkan bulan Maret 2024," kata Hendra dalam laporan penyampaian tingkat aktivitas Gunung Ruang yang dibagikan Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Julius Ramopolii dalam grup percakapan 'Info Gunung Api Sitaro' di Manado, Selasa.

Aktivitas vulkanik hingga periode 16 April 2024 masih didominasi oleh gempa tektonik jauh, namun pasca gempa tektonik dan terasa di area Gunung Ruang, tercatat kenaikan jumlah gempa vulkanik dalam.

Pada tanggal 10 April terjadi empat kali gempa vulkanik dalam, 11 April (lima kali), 12 April (enam kali), 13 April (17 kali), 14 April (23 kali) dan 15 April (146 kali).

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Ruang di Sitaro meletus, lontarkan abu setinggi 500 meter

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024