Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Senin.

Dia menambahkan, BMKG memperkirakan potensi cuaca ekstrem tersebut di wilayah Sulawesi Utara tersebut hingga 18 April 2024.

Karena itu dia berharap warga mewaspadai potensi terjadinya bencana hidro meteorologi yang berpeluang terjadi manakala cuaca ekstrem.

BMKG kata dia akan terus memperbarui kondisi cuaca di masing-masing wilayah melalui kanal informasi yang telah terverifikasi.

Dia menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem di tanggal 16 April berpotensi terjadi di wilayah Kota Manado, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, sehari berikutnya, kondisi cuaca serupa diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sedangkan di tanggal 18 April kemungkinan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024