Manado (ANTARA) - Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara, memberangkatkan sebanyak delapan bus mengangkut penumpang mudik Idul Fitri dengan tujuan Gorontalo, pada Selasa.

"Hari ini sebanyak delapan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) telah berangkat dengan tujuan Gorontalo," kata Petugas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Malalayang Manado, Alih di Manado, Selasa.

Alih mengatakan puncak arus penumpang di terminal tersebut yang berangkat ke Gorontalo, terjadi pada Sabtu (6/4) dan Minggu (7/4).

Pada saat tersebut sebanyak 12 bus yang berangkat ke Gorontalo.

"Namun pada Senin (8/4) dan hari ini Selasa, terjadi penurunan dengan delapan bus yang berangkat. Kendatipun demikian, dibandingkan hari-hari biasanya, bus yang berangkat hari ini terjadi peningkatan," katanya tanpa merinci.

Ia mengatakan selain tujuan Gorontalo, terminal tersebut juga memberangkatkan bus AKAP dengan tujuan Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Hari ini, sebanyak dua bus yang mengangkut penumpang mudik berangkat dengan tujuan Palu," katanya.

Ia mengatakan setiap bus yang berangkat harus melalui pemeriksaan lebih dahulu untuk kelayakan kendaraan itu.

Pemeriksaan ini dilakukan karena keselamatan keamanan penumpang selama perjalanan mencapai tujuan merupakan hal yang utama.

"Sebelum berangkat, petugas melakukan pemeriksaan antara lain lampu, rem ban dari kendaraan tersebut. Jika ditemukan adanya masalah, bus tersebut ditunda keberangkatannya untuk diperbaiki lebih dulu baru diberangkatkan," katanya. 

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024