Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) mengapresiasi program mudik gratis dilakukan PT Pegadaian Kanwil V Manado jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Selamat melakukan perjalanan pulang kampung, semoga perjalanan penuh berkah dan keselamatan. Buat PT Pegadaian, Pemprov juga menyampaikan banyak terima kasih dengan program mudik gratis ini,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Utara Izhak Ray, Sabtu.

Izhak mengingatkan kepada sejumlah pengemudi agar selalu memperhatikan keselamatan selama perjalanan.

"Jika pengemudi merasa lelah selama perjalanan, istirahat saja. Utamakan keselamatan," tuturnya.

Deputi Operasional Pegadaian Wilayah V Manado Widi Sunardi mengatakan sebanyak 200 orang peserta mudik gratis PT Pegadaian telah diberangkatkan sejak (4/4) dari Kantor Wilayah V Manado.

Para peserta yang berasal dari Kota Manado dan Bitung berangkat menggunakan lima bus eksekutif menuju Provinsi Gorontalo, dan bus lainnya berangkat ke Palu.  

Peserta mudik gratis tahun ini terdiri dari nasabah Pegadaian bersama keluarga dan masyarakat umum.

Dia mengungkapkan pelepasan bus peserta program mudik gratis dilakukan serentak di seluruh kantor Pegadaian se-Indonesia.

“Mudik gratis adalah sebuah kebersamaan dari semua pemangku kepentingan kepada masyarakat. Kita bersyukur karena bisa melakukannya di Manado,” ujarnya.

Widi berpesan kepada para pemudik agar menjaga kesehatan selama perjalanan pulang kampung halaman. 

“Selamat berkumpul bersama keluarga, dan kembali dengan selamat setelah hari raya,” katanya.

Dalam perjalanan mudik ke kampung halaman para peserta dilindungi asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja,” kata Widi menambahkan.

Salah seorang pemudik, Risna Ahmad, warga Kecamatan Tuminting, menyampaikan harapannya agar program mudik gratis dilaksanakan lagi tahun depan.

“Ini pertama kalinya saya ikut program mudik gratis dari Pegadaian. Kami sebagai peserta mudik gratis bersyukur dan berharap semoga Pegadaian makin sukses,” tutur Risna.

Wanita 46 tahun ini mengaku mudik tahun ini berangkat bersama keluarga menuju Provinsi Gorontalo.

“Program yang luar biasa karena saya juga baru kali ini mengikuti mudik gratis. Ke depan saya harap program ini terus berlanjut,” katanya
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024