Manado (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara Irjen Pol Yudhiawan melepas rombongan mudik gratis dari Manado dengan tujuan Gorontalo dalam menyambut Lebaran 2024, di Manado, Jumat.

Kapolda Yudhiawan setelah pelepasan tersebut, mengatakan mudik gratis merupakan program Polda Sulut dan sudah menjadi agenda tahunan.

"Ini merupakan salah satu pelayanan kepada masyarakat, untuk bisa pulang ke daerahnya," kata dia.

Melalui mudik gratis ini, dia mengharapkan masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik akan tetapi memanfaatkan pelayanan yang diberikan guna mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan.

"Kegiatan tersebut juga untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas," katanya.

Sebanyak empat bus yang mengangkut pemudik gratis dengan tujuan Gorontalo dilepas Kapolda Yudhiawan didampingi, antara lain Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, Kepala Jasa Raharja Sulut Amaludin Salam, Pimpinan Perum Damri Manado Zulkifli Masloman, para pejabat utama Polda Sulut, serta Bhayangkari.

Sebelumnya, ia bersama sejumlah pejabat memantau langsung keberadaan bus yang akan membawa para penumpang untuk mudik.

Sehari sebelum pelaksanaan mudik, semua kendaraan yang akan digunakan untuk mudik gratis juga sudah dilakukan pemeriksaan laik jalan, sedangkan seluruh pengemudi diperiksa kesehatannya serta dinyatakan bebas dari pengaruh narkoba dan minuman mengandung unsur alkohol.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024